gambar unggulan

Kota Malang telah menjelma menjadi kota wisata yang menjadi favorit banyak sekali orang di seluruh Indonesia. Saat liburan tiba, bisa dipastikan banyak sekali orang mulai berdatang dari luar kota, hal ini dibuktikan banyak sekali mobil yang masuk dengan plat nomor bermacam- macam dari berbagai kota di Indonesia yang juga tidur di hostel Malang. Bila Anda pernah melihat fenomena seperti ini di Bali, maka Anda juga akan melihat fenomena yang sama terjadi di kota Malang ini.

Tujuan kota wisata seperti kota Malang ini sering kali adalah banyaknya orang datang dan hunting untuk makanan alias berwisata kuliner. Banyak sekali wisata kuliner asli Malang yang murah meriah, melegenda, dan banyak sekali menarik perhatian para wisatawan yang datang untuk hunting kulineran.

Ada 2 wilayah utama di Malang ini, yaitu kota Malang ini sendiri dan satunya adalah kota Batu.

Wisata kuliner yang melegenda di Kota Malang yang wajib coba adalah seperti toko oen. Yang mana toko oen ini adalah restoran yang sudah ada sejak jaman belanda, dengan konsep bangunan belanda, dengan menu- menu persis seperti masih jaman colonial. Ini dipertahankan oleh si pemilik untuk kemudian dijadikan sebagai tempat wisata oleh banyak sekali orang.

Kemudian ada lagi yang tidak berkonsep colonial tapi sudah ada lama sekali seperti warung pecel di kawi yang disebut pecel kawi. Ada sebagian orang Malang yang beranggapan bahwa banyak sekali warung pecel yang jauh lebih enak ketimbang pecel kawi ini, namun pecel kawi ini sudah kadung menjadi legenda dan membuat banyak sekali wisatawan untuk datang dan makan ke sini, dan sepertinya target pecel kawi ini dengan melihat menu vs harganya, maka bisa dikatakan bahwa targetnya bukanlah orang lokal Malang biasa untuk bisa datang dan makan ke sini, namun bisa dikatakan lebih ke orang pendatang seperti wisatawan.

Kemudian ada lagi soto yang sangat melegenda, dari dulu sampai sekarang makanannya ya seperti itu, bentuk bangunannya juga, yang jual pun kurang lebih sama. Namanya adalah soto oro- oro dowo.