gambar unggulan
Informasi

Jenis Jeruk yang tumbuh Di Indonesia

Siapa diantara Anda yang tidak mengenal buah jeruk, jenis buah yang sangat kaya akan kandungan serta manfaatnya untuk kesehatan tubuh Anda. Berbagai macam jenis dari jeruk bisa Anda temui di Indonesia bahkan dengan rasa yang tidak kalah nikmatnya dengan jeruk dari negara luar.

jeruks min

Jeruk Lemon/ Sitrun

Jenis jeruk ini mempunyai bentuk oval serta ujungnya meruncing dengan kulit yang berwarna kuning cerah mempunyai daging yang tipis, dengan kandungan kadar air yang tinggi serta mempunyai aroma yang khas serta rasa yang asam namun kulitnya bisa dimanfaatkan menjadi selai.

Jeruk Purut

Jeruk purut mempunyai ciri ukuran yang relatif kecil dengan warna hijau dan kulit yang keriput, sering digunakan untuk beberapa jenis masakan serta sangat cocok untuk sambal karena rasanya yang sangat asam serta pada daunnya bisa dimanfaatkan sebagai campuran masakan dan kue.

Jeruk Nipis

Pada jenis jeruk yang satu ini mempunyai warna hijau kekuningan dengan bentuk yang lonjong, bulat dan meruncing pada bagian ujungnya, dengan kulit yang tebal serta daging buah yang tebal memberikan rasa yang asam dan tidak manis.

Jeruk Jerpaya/ Sukade

Buah jeruk yang satu ini tidak biasa dikonsumsi sebagai buah hanya pada kulit yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu, selai dan campuran pada parfum, dengan mempunyai ukuran pohon yang mencapai 3 meter dan ukuran pada buah mencapai 25 cm dan berat 4 kg.

Jeruk Kumquat/Jeruk Nagami

Jenis jeruk yang satu ini populer dengan sebutan jeruk kumquat yang sering diolah sebagai asinan atau manisan dengan ciri khas buah yang bentuknya lonjong dan berukuran kecil-kecil, buah ini berwarna orange dengan rasanya yang enak serta kulitnya yang manis sehingga bisa dimakan dengan kulitnya.

Jeruk Jari Budha/Jeruk Cakar Harimau

Jenis yang satu ini mempunyai bentuk yang menyerupai jari dengan warna kuning saat matang, bisa diolah menjadi manisan atau campuran beberapa jenis masakan dan biasa dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan atau obat.

Jeruk Mikan/Satsuma Mandarin

Jenis jeruk yang satu ini mempunyai kulit yang berwarna hijau dengan mempunyai pori pada kulit,  berasal dari negara Jepang  yang termasuk dalam jeruk mandarin yang tidak memiliki biji.

Jeruk Pontianak

Jenis jeruk pontianak ini mempunyai warna hijau kekuningan serta berpori kung dengan kulit yang tebal dan kuat, pada bagian dalamnya berkerut serta berserabut.

Jeruk Mandarin

Jenis jeruk mandarin mempunyai warna yaitu orange dengan ukuran yang relatif kecil dengan kulit yang tebal namun mudah dikupas hanya dengan menggunakan tangan, pada daging dan kulit tidak terdapat pelepah serta tidak mempunyai biji dan rasa buah yang manis.

Jeruk Navel

Pada jenis jeruk yang satu ini mempunyai warna yang kuning namun cenderung orange saat sudah matang dengan bentuk oval yang mempunyai 3 sekat pada bagian dalam, dagingnya yang tebal dan bulirnya kecil.

Jeruk Limau

Dengan nama latinnya yaitu Citrus amblycarpa yang mempunyai warna hijau yang lebih muda dari jeruk purut, dengan mempunyai biji yang lumayan banyak pada setiap bulirnya.

Demikianlah informasi mengenai jenis jeruk  yang ada di Indonesia yang memiliki rasa dan manfaat yang beragam.