Faktor yang Mempengaruhi Berat Badan Ideal Anak

Faktor yang Mempengaruhi Berat Badan Ideal Anak
17 September 2022 0 Comments

WHO menyebutkan data untuk berat badan ideal setiap usia anak mempunyai deviasi sebesar 2-3 kg. Jika berat badan melebihi atau kurang dari standar dan masih di dalam batas deviasinya, maka masih dikatakan berat badan ideal anak. Berikut faktor yang mempengaruhinya.

1. Genetik

Keluarga yang mempunyai berat badan berlebih sering mewarisi hal tersebut ke anak. Berat badan tersebut juga akan berpengaruh pada kecepatan pertumbuhan sang anak. Kromosom bentuk badan dari orang tuanya bisa menurun kepada keturunannya. Meskipun tetap ada faktor luar yang mempengaruhinya. Namun biasanya tidak akan berdampak signifikan.

2. Nutrisi

Anak yang diberikan nutrisi lengkap, sehat dan bergizi akan lebih mudah mencapai berat badan idealnya. Berbeda dengan anak yang pola makannya tidak terkendali seperti diberikan makanan dengan kandungan gula tinggi, kandungan lemak tinggi dan lainnya akan membuat anak mengalami obesitas. Sebaliknya, anak yang mengalami malnutrisi atau kekurangan gizi akan membuatnya kurus.

3. Kesehatan Saluran Cerna

Kesehatan di saluran cerna anak sangat berpengaruh pada sistem imun anak. Jika sistem imun sehat, anak lebih banyak beraktivitas dan membuatnya merasa lapar. Sehingga nafsu makan anak menjadi tinggi. Sebaliknya, jika ada masalah pada saluran cerna, membuat anak enggan untuk makan dan akhirnya membuat tubuhnya kurus.

4. Faktor Hormon

Hormon merupakan zat esensial yang dikeluarkan oleh tubuh dan mempengaruhi tumbuh kembang anak. Salah satu hormon yang mempengaruhi berat dan tinggi badan anak adalah hormon pertumbuhan. Ada juga hormon seks berupa testosteron dan estrogen yang berperan di masa pubertas juga mampu mempengaruhi berat badan dan tinggi badan anak.

5. Jenis Kelamin

Tidak hanya mempengaruhi tinggi badan, jenis kelamin laki-laki mempunyai berat badan lebih besar dibanding anak perempuan. Hal ini karena laki-laki mempunyai tahap pertumbuhan lebih lama. Namun hal ini juga dipengaruhi oleh faktor lain seperti genetik, nutrisi dan kebiasaan.

6. Aktivitas Fisik dan Kebiasaan

Aktivitas fisik berpengaruh pada berat badan terutama aktivitas menyehatkan seperti berolahraga. Meskipun anak dengan berat badan kurang, tetap harus melakukan olahraga untuk menyeimbangkan berat badan. Picky eater atau anak yang memilih-milih makanan juga berpengaruh. Kebiasaan tersebut dikhawatirkan akan membuat nutrisi yang diterima anak kurang karena hanya satu jenis nutrisi yang dimakan.

7. Kesehatan Anak

Kesehatan anak mempengaruhi aktivitas, nutrisi dan porsi makan anak. Terlebih jika anak sebelumnya sudah mempunyai penyakit bawaaan sejak dilahirkan. Maka semakin berpengaruh pada berat badan anak setelahnya. Namun bukan berarti penyakit tersebut akan membuat berat badan susah naik. Perlakuan khusus tetap bisa membuat berat badan ideal.

Demikian berbagai faktor yang mempengaruhi berat badan ideal anak. Bagaimanapun kondisi anak dan apapun faktor genetik yang diturunkannya, dengan melakukan treatment yang direkomendasikan medis tetap bisa membuat berat menjadi ideal. Jangan lupa untuk melengkapi pertumbuhan anak dengan susu dan vitamin.