atasi lebam pada mata
Umum

Pertolongan Efektif Untuk Atasi Lebam Pada Mata

Cedera benturan rasanya memang bukan hal yang mudah sepenuhnya kita hindari. Anda bisa saja mengalami cedera macam ini kapanpun dan dimanapun, termasuk di mata. Biasanya benturan ini akan mengakibatkan efek lebam, bengkak dan mungkin gangguan penglihatan. Namun dengan cara sederhana ini, Anda bisa atasi lebam pada mata dengan efektif.

Cara Efektif Pertolongan Atasi Lebam Pada Mata

Ada bebeapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mencegah terjadinya lebam setelah cedera benturan juga sebagai cara untuk atasi lebam pada mata yang sudah terlanjur terbentuk. Adapun cara cara tersebut adalah sebagai berikut.

Kompres dingin menggunakan es batu

Cedera akibat benturan meski tidak membentuk luka terbuka pada dasarnya tetap memiliki luka di dalam. Itu yang kemudian mengakibatkan munculnya lebam. Sebagaimana pula yang terjadi pada mata yang lebam.

Cara efektif yang bisa Anda lakukan sebagai pertolongan pertama untuk atasi lebam pada mata adalah dengan mengompres area benturan dengan es batu yang terbungkus kain. Lakukan tepat setelah benturan terjadi setidaknya selama 20 menit supaya efeknya lebih terlihat. Sebenarnya cara ini lebih tepat untuk disebut sebagai teknik pencegahan lebam pada mata.

Kompres dingin ini bekerja menghentikan perdarahan dengan cepat. Karena suhu dingin akan membantu proses pembekuan darah. Bila darah pada area luka sudah membeku, perdarahan akan berhenti dan luka akan tertutup. Sehingga lebam tidak akan terjadi atau tidak muncul dalam ukuran dan bentuk yang besar.

Pastikan menggunakan peralatan kompres yang bersih dan higienis. Kadang beberapa orang menggunakan simpanan makanan beku di kulkas sebagai kompres. Sebenarnya ini tidak disarankan karena khawatir dalam makanan beku terdapat bakteri beku yang nantinya beresiko menginfeksi mata.

Kompres hangat

Setelah Anda menjalankan terapi kompres dingin sesaat setelah benturan terjadi, yang kini harus Anda lakukan setidaknya 1 – 2 hari pasca benturan adalah dengan secara berkala melakukan kompres dengan air hangat.

Sementara es akan membantu proses pembekuan darah dan menghentikan pembentukan lebam. Maka kompres hangat akan bekerja mencairkan sisa bekuan darah yang sudah terlanjur terbentuk. Sehingga darah beku yang terhambat di area cedera dapat lebih mudah untuk terangkat oleh sirkulasi darah.

Kompres panas akan memberikan efek tekanan pada area cedera sehingga sirkulasi darah akan bergerak menuju area panas lebih kencang. Suhu hangat akan membantu melebarkan pembuluh darah pada area cedera. Jadi ini juga akan efektif atasi lebam pada mata.

Pijat perlahan

Bila sekiranya lokasinya tidak terlalu mepet dengan mata, Anda bisa coba untuk melakukan pijatan ringan di sekitar lebam. Cara ini juga akan membantu meningkatkan sirkulasi darah menuju area sekitar mata. Dan nantinya mendorong gumpalan darah yang dari luar terlihat sebagai lebam tadi untuk berangsur angsur hilang. Berkat terbawa oleh sirkulasi darah.

lebam mata

Meski pada umumnya luka lebam tidak memiliki efek samping yang serius. Anda sebaiknya tetap menaruh waspada pada cedera yang Anda alami. Karena mata adalah organ vital dimana ada banyak sel saraf, pembuluh darah dan organ yang sifatnya penting untuk fungsi penglihatan.

Bisa jadi benturan tidak hanya menyebabkan luka lebam tetapi juga gangguan fungsi mata, seperti gangguan penglihatan, mata yang terus berair dan muncul rasa nyeri yang terus menerus pada mata. Bila kondisi tersebut terjadi, Anda tidak bisa hanya mengandalkan cara atasi lebam pada mata sebagaimana di atas. Tetapi Anda sebaiknya segera kunjungi layanan medis terdekat untuk pemeriksaan intensif.