Tips Melakukan Investasi Reksadana bagi Pemula

Zaman sekarang ini investasi bertambah praktis untuk dilakukan. Pilihan instrumen investasi semakin banyak dan tentunya teknologi membuatnya bertambah praktis dan mudah. Reksadana adalah satu pilihan jenis investasi yang banyak direkomendasikan. Apalagi untuk anak muda yang baru akan memulai berinvestasi atau masih terhitung sebagai pemula.

Tips Investasi

Bagi para pemula yang ingin mulai berinvestasi dalam bentuk reksadana, tentu harus berhati-hati dalam mengambil setiap langkah. Jangan sampai langkah investasi ini justru merugikan diri sendiri dan tidak menghasilkan keuntungan apapun. Berikut adalah 5 tips berinvestasi reksadana yang perlu diterapkan oleh para pemula:

1. Tetapkan Tujuan

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu menetapkan tujuan investasi. Langkah ini sebenarnya tidak hanya dilakukan saat akan berinvestasi reksadana tetapi juga jenis investasi lainnya. Cari tahu apa yang menjadi tujuan Anda dalam berinvestasi. Apakah untuk menabung jangka pendek atau dalam jangka waktu panjang? Apakah hanya untuk mengontrol finansial atau ada tujuan lainnya.

Jika sudah tahu tujuan investasi maka akan jauh lebih mudah untuk memilih instrumen investasinya. Anda juga bisa jadi lebih terarah dalam menentukan jumlah uang dan strategi investasi ke depannya. Hal ini akan membantu investasi berjalan lebih efektif dan efisien.

2. Pahami Apa Itu Reksadana

Langkah selanjutnya, silakan pahami dulu apa itu reksadana. Reksadana adalah tipe investasi yang sebenarnya sangat mudah untuk dipahami. Anda harus belajar dari awal mulai dari istilah yang ada di bidang investasi ini hingga cara kerjanya. Cari tahu juga seperti apa kerugian yang harus ditanggung dan keuntungan apa saja yang bisa didapatkan.

Belajar reksadana bisa dilakukan dari berbagai sumber. Saat ini sudah ada banyak artikel di internet yang membahas mengenai reksadana secara lengkap. Anda juga bisa menonton video-video konten investasi reksadana yang bermanfaat dan informatif. Mudah saja karena semua informasi kini tersedia di berbagai media.

3. Tentukan Pilihan Jenis Reksadana

Terdapat beberapa pilihan produk reksadana yang bisa dijadikan pilihan saat berinvestasi nantinya. Anda juga harus menentukan tipe reksadana apa yang akan diambil. Mulai dari reksadana pasar uang, pendapatan tetap, reksadana saham, dan lain sebagainya. Setiap tipe reksadana punya sistem pengelolaan yang berbeda dan harus dipahami satu per satu.

Cari tahu mana jenis reksadana yang paling sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Pahami juga seperti apa keuntungan yang didapat agar Anda bisa mengambil jenis reksadana yang paling menguntungkan. Jangan sampai salah mengambil pilihan tipe reksadana dan malah membuat diri sendiri rugi di masa depan.

4. Gunakan Platform Online

Saat ini investasi reksadana sudah semakin mudah untuk dilakukan. Salah satunya adalah berinvestasi reksadana di platform online. Ada banyak jenis aplikasi yang akan mendukung Anda untuk berinvestasi reksadana. Hal ini tentu saja menjadi keuntungan tersendiri karena jauh lebih mudah juga menghemat waktu. Anda pun bisa menyetorkan uang kapan saja dimana saja.

Namun, penting untuk diketahui bahwa investasi reksadana di platform online ini harus dilakukan dengan hati-hati. Anda harus memilih platform yang benar-benar aman dan memang sudah terpercaya. Pastikan bahwa platform tersebut memang bisa melindungi dana investasi Anda dan menyalurkannya secara aman.

5. Mulai dari Nilai Kecil

Bagi para pemula, direkomendasikan memulai investasi reksadana dari nilai yang kecil terlebih dahulu. Pemula tak harus menyetorkan banyak uang agar bisa investasi. Memang benar jika semakin banyak dana yang diinvestasikan maka semakin besar juga prospek untungnya. Namun, lebih baik mulai dulu dari nilai yang ringan.

Saat ini investasi reksadana sudah bisa dimulai dengan nilai investasi yang kecil sekalipun. Hanya dengan menyetorkan uang Rp100 ribu saja sudah bisa berinvestasi reksadana. Hal ini tentu merupakan sebuah kemudahan yang tak boleh Anda lewatkan terutama bagi anak muda yang belum berinvestasi sebelumnya.

Itulah tadi 5 tips memulai investasi reksadana yang bisa diterapkan pemula. Reksadana adalah jenis investasi yang sangat mudah dan direkomendasikan bagi anak muda masa kini. Tipe investasi ini sangat sederhana dan tergolong minim risiko. Keuntungan yang bisa didapat pun akan sangat membantu Anda dalam mengatur keuangan sebaik mungkin.

By Maitsa