4 Manfaat Zinc Dalam Tubuh yang Penting Bagi Kesehatan Anda

4 Manfaat Zinc Dalam Tubuh yang Penting Bagi Kesehatan Anda
20 Mei 2022 0 Comments

Daftar isi konten

Manfaat zinc untuk tubuh sangat beragam. Salah satunya adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh. Oleh karena mineral ini tidak dapat sendiri oleh tubuh maka Anda harus harus mendapatkan asupannya dari luar.

Zinc termasuk salah satu mineral yang diperlukan dalam jumlah kecil. Kendati demikian, memiliki sumbangan yang sangat penting dalam proses pembentukan sel darah serta kekebalan tubuh manusia. Oleh karena itu kekurangan mineral ini akan mempengaruhi kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Manfaat Zinc Dalam Tubuh

Mendapatkan asupan Zinc dalam jumlah yang cukup akan berdampak pada kualitas kesehatan Anda meningkat. Salah satunya adalah karena  sistem kekebalan tubuh akan mampu mengenali berbagai macam patogen yang berpotensi untuk menginfeksi tubuh.

Mencegah Katarak

Zinc juga memiliki peranan yang penting dalam menjaga kesehatan mata. Terutama mencegah penyakit degeneratif yang biasa menyerang mata yaitu katarak. Oleh karenanya Zinc  dalam jumlah yang cukup dapat mencegah kerusakan pada sel retina.

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Zinc berperan dalam proses pembentukan kolagen serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu jika terjadi serangan patogen, dapat mendorong sistem kekebalan tubuh untuk mematikan bakteri tersebut.

Sementara kolagen yang diproduksi dengan bantuan Zinc akan membantu untuk menutup luka yang disebabkan oleh peradangan yang disebabkan oleh serangan tersebut. Dengan demikian jumlah yang cukup dalam tubuh akan mempercepat proses penyembuhan infeksi.

Penelitian menunjukkan bahwa penderita flu yang diberikan suplemen Zinc pada awal gejala sakitnya muncul akan mengalami penurunan tingkat keparahan dalam waktu 24 jam.  Dengan demikian penderita flu akan lebih cepat sembuh.

Meningkatkan kesuburan

Zinc juga ternyata berperan dalam meningkatkan kesuburan pria ya karena kekurangannya dapat menurunkan kualitas sperma. Sehingga dapat sehingga memperbesar risiko kemandulan.

Menyembuhkan Luka

Zinc di dalam tubuh dapat berperan dalam penyembuhan luka mengurangi peradangan yang timbul akibat infeksi serta menghalangi pertumbuhan bakteri. Hal ini didasari hasil penelitian bahwa penderita dengan luka yang kronis ternyata mengalami status defisiensi Zinc. Selain itu pula pada bayi, salep Zinc dapat berfungsi untuk mengatasi iritasi kulit dan ruam popok.

Perempuan sehat membutuhkan 8 mg per hari. Sementara untuk laki-laki 11 mg.  Batas konsumsi aman untuk mineral ini adalah maksimal 40 mg untuk orang dewasa. Anda disarankan tidak mengkonsumsi zinc dalam jumlah diatas batas minimal. karena dalam jumlah berlebih mineral ini berpotensi untuk menyebabkan gangguan kesehatan

Kebutuhan ini dapat Anda penuhi dengan mengkonsumsi berbagai macam sumber makanan yang yang mengandung mineral ini, Antara lain telur, protein laut, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan lain sebagainya.

Dengan melihat berbagai manfaat Zinc  untuk tubuh Anda disarankan untuk memasukkan sumber makanan yang kaya dengan mineral Zinc pada konsumsi harian agar kualitas kesehatan meningkat.